Artikel ini reblog dari BusisnessInsider via KasKus
Richard Branson memulai bisnis ketika umur 20 tahun, saat itu tanpa ijazah sekolah. Branson tidak melanjutkan lagi sekolahnya saat berusia 16 tahun. Saat itu ia mendirikan toko kaset dengan layanan pesan-antar, yang menjadi perusahaan rekaman dan toko musik Virgin Records. Kekayaan Branson saat ini tak hanya berasal dari toko musiknya ini, tetapi juga sekitar 200 perusahaan lain dibawah bendera perusahaan Virgin grup dengan keuntungan bersihnya yang diperkirakan mencapai 6,8 miliar dollar AS. Branson menulis sebuah buku yang berjudul "Like a Virgin: Secrets They Won’t Teach You at Business School". Nah berikut ini beberapa tips sukses Richard Branson:
- Jangan Mengerjakan Hal yang Tidak Kamu Sukai
Membangun bisnis dibutuhkan banyak pengorbanan, tenaga dan waktu. Pada akhirnya, kita harus membangun sesuatu yang bisa membuat kita bangga yang sepadan dengan pengorbanan kita. Kata Branson " Ketika saya memulai Virgin dari bagasi apartemen saya di London, tidak ada rencana atau strategi yang besar. Saya tidak menyangka ini akan menjadi sebuah kerjaan bisnis, membangun sebuah bisnis dari nol adalah hal yang sangat membanggakan untuk saya, membangun team work dengan orang yang penuh talenta, dan membuat sebuah perbedaaan besar dibandingkan orang lain pada umumnya"
Jadi guys, carilah passion kita dalam berbisnis, supaya kita menikmati apa yang kita kerjakan.
-
Be Visible
Branson menerima beberapa saran abadi ketika membangun Virgin Airlines dari Sir Freddie Laker, sebuah maskapai penerbangan Inggris "konglomerat."
"Pastikan Anda tampil di halaman depan dan bukan halaman belakang," kata Laker. "Anda akan harus keluar sana dan menjual diri. Jangan takut membuat diri anda terlihat bodoh, apa pun yang diperlukan. Jika tidak, Anda tidak akan bertahan hidup ". Branson selalu sering bepergian dan bertemu orang-orang sebanyak yang ia bisa. Hal ini, katanya, adalah bagaimana ia mendapat beberapa saran dan ide-ide terbaik untuk bisnisnya.
-
Nama dari Sebuah Brand Bisnis adalah Penting
Nama yang unik dan merek yang mempekerjakan Virgin adalah salah satu hal yang telah membuat perusahaan sukses. Branson memastikan bahwa 'Virgin' nama mewakili nilai tambah, pelayanan ditingkatkan, dan pendekatan, segar seksi. Branson mengatakan bahwa ia meminta semua waktu tentang asal-usul nama Virgin, kembali ketika Virgin baru saja mulai. "Suatu malam, aku sedang mengobrol dengan sekelompok gadis berusia enam belas tahun ketika minum di suatu kedai tentang nama untuk toko kaset," katanya. "Sekelompok ide bermunculan, kemudian, karena kami semua baru untuk bisnis, seseorang menyarankan Virgin. Ini berbau baru dan segar dan pada saat kata itu masih sedikit agak bersifat cabul, sehingga, berpikir itu akan menjadi perhatian orang, dan kami mulai dengan nama tersebut. "
-
Kamu Tidak Bisa Menjalankan Bisnis Tanpa Mengambil Resiko
Branson berpikir dari salah satu ucapan favoritnya ketika berbicara tentang mengambil risiko bisnis : "The brave may not live forever—but the cautious do not live at all!' yang artinya "Sang Pemberani tidak akan hidup selamanya, tetapi Orang yang selalu berhati-hati tidak hidup sama sekali. good quote!
Setiap bisnis melibatkan risiko. Bersiaplah untuk mendapatkan knocked down, kata Branson, tapi sukses jarang datang dari bermain aman. Anda mungkin gagal, tetapi Branson juga berani untuk menunjukkan bahwa "tidak ada hal seperti gagal total."
-
The first impression is everything. So is the second.
Kesan pertama yang Anda buat pada pelanggan mungkin akan ketika Anda mendapatkan mereka. Kesan pertama sangat penting, kata Branson, tapi yang kedua adalah sama pentingnya. Kedua kalinya pelanggan biasanya menghubungi Virgin, itu karena dia sedang mengalami masalah dengan produk atau jasa. Bagaimana Anda menampilkan diri dan merek Anda dalam situasi ini mengatakan banyak tentang bagaimana merek Anda mempertahankan hubungan pelanggan yang baik dan rintangan menangani.
-
Kesempurnaan Tidak Dapat Dicapai
"Ada bahaya yang melekat dalam membiarkan orang berpikir bahwa mereka telah menyempurnakan sesuatu," kata Branson. "Ketika mereka percaya bahwa mereka telah 'dipaku itu, kebanyakan orang cenderung untuk duduk kembali dan beristirahat di capai mereka sementara yang lain yang tak terhitung jumlahnya akan bekerja mati-matian untuk memperbaiki pekerjaan mereka!" Untuk alasan ini, Branson tidak pernah memberi orang review yang sempurna 100% dari pekerjaan mereka. Dia percaya bahwa tidak peduli seberapa "cemerlangnya" sesuatu, selalu ada ruang untuk perbaikan.
-
The customer is always right, most of the time.
Pelanggan selalu benar ... kecuali mereka salah. Setelah semua, mereka hanya manusia juga. Pendapat pelanggan Anda 'adalah penting, tapi "Anda tidak harus membangun sistem layanan pelanggan Anda pada organisasi yang tidak akan pernah mempertanyakan keinginan klien Anda," kata Branson. Branson memperingatkan bahwa banyak pengusaha berpikir jika mereka menyediakan layanan 'pelanggan-adalah-selalu-benar' bahwa itu akan meningkatkan bisnis mereka. Ini hanya kadang-kadang benar. Hati-hati untuk tidak merusak hubungan dengan pelanggan atau staf dengan kebijakan layanan pelanggan Anda.
-
Definisikan Brand Kita
Ketika datang untuk mendefinisikan merek Anda, Branson menyarankan pengusaha untuk melakukan kebalikan dari apa yang ia lakukan dengan Virgin, yang menyebar di seluruh tempat. Dan sementara memang benar bahwa cabang Virgin ke berbagai industri, Branson mengatakan perusahaan sebenarnya cukup terfokus pada satu hal: ". Menemukan cara baru untuk membantu orang memiliki waktu yang baik" Tetaplah fokus pada apa yang Anda ketahui. Karena jika Anda tidak mendefinisikan merek Anda, maka pesaing Anda yang akan melakukannya.
-
Jelajahi wilayah yang belum dipetakan.
Branson membandingkan menjelajahi wilayah baru dalam bisnis untuk menjelajahi wilayah baru dalam ilmu atau geografi. "Kami akan menemukan spesies baru dan lebih memahami make-up yang mendalam untuk tingkat perairan," kata Branson. Terjemahan Bisnis: Masih banyak hal di luar sana yang belum ditemukan, diciptakan, dicapai. Menjelajahi daerah kecil-atau belum dipetakan dapat memicu ide-ide baru dan inovasi.
-
Beware the "us vs. them" environment.
Sebuah tempat kerja harus menjadi salah satu di mana bos dan karyawan nya berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama menuju tujuan yang sama. "Jika karyawan tidak menghubungkan diri dengan perusahaan mereka dengan menggunakan 'kita', itu adalah tanda bahwa orang-orang atas dan ke bawah rantai komando tidak berkomunikasi," kata Branson.
Jika Anda berpikir mungkin ada perbedaan atau ketegangan antara karyawan dan manajemen, Branson menyarankan untuk memeriksa dengan manajemen menengah pertama yang mencoba untuk mengungkap sumber masalah dan mengatasinya.
-
Membangun Zona Kenyamanan Untuk Perusahaan
Karyawan harus merasa bebas dan didorong untuk secara terbuka mengekspresikan diri tanpa batas-batas kaku sehingga mereka dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dan membuat keputusan yang berdampak baik untuk perusahaan. "Ini mungkin terdengar seperti kebenarannya," dimulai Branson, "Dibutuhkan tenaga kerja yang terlibat, termotivasi dan berkomitmen untuk memberikan produk atau layanan berkelas dan membangun sebuah perusahaan, sukses yang berkelanjutan."
-
Not everyone is suited to be CEO.
Seorang manajer harus menjadi seseorang yang "membawa solusi yang terbaik pada orang," membantu orang yang berkomunikasi dengan baik dengan orang lain dan karyawan belajar dari kesalahan bukan mengkritik mereka untuk itu. Tidak semua orang melakukan hal ini dengan baik, dan tidak apa-apa. Pendiri dapat tetapi tidak harus menjadi CEO, jika cocok maka dia harus tahu kapan untuk memerikan peran tersebut pada orang lain yang cocok.
-
Mencari Pendapat Kedua, Carilah yang Ketiga
Branson mengatakan Anda harus belajar untuk menjadi pendengar yang baik agar sukses, dan itu berarti "kumpulkanlah sebanyak ide yang ada pada orang lain sebelum pada akhirnya kita tentukan yang terbaik" Dalam bisnis, mencari berbagai pendapat "dapat menghemat banyak waktu dan uang," kata Branson. "Jangan memberitahu orang-orang tentang saran orang lain sampai Anda pernah mendengar apa yang mereka katakan."
-
Berpisahlah Dengan Partner Bisnis Yang Tidak Berhasil Dengan Damai
Berpartner dengan orang lain, baik itu teman atau pasangan, tidak selalu berhasil. Jika hal ini terjadi, pengusaha sukses tahu kapan untuk berpisah.
Tapi hanya karena Anda memutuskan untuk pergi ke arah lain tidak berarti hal-hal yang harus berakhir buruk, terutama dengan teman, kata Branson. Menangani masalah dengan cepat dan kepala dingin, dan mengakhiri hubungan yang sedamai mungkin.
-
Angkatlah Telepon
Jangan terlalu mengandalkan teks atau email ketika Anda harus menelepon. "Kualitas komunikasi bisnis telah menjadi miskin dalam beberapa tahun terakhir sebagai orang menghindari panggilan telepon dan tatap muka pertemuan". Masalah akan lebih sulit untuk diselesaikan dengan teks atau email, dan "tidak ada yang efisien tentang memungkinkan masalah kecil semakin rumit," kata Branson, ketika itu bisa saja dengan mudah ditangani dengan panggilan telepon.
Mudah-mudahan pembaca bisa terpacu untuk lebih semagat lagi merintis bisnis yang sedang jalani sekarang. :)