Senin, 11 Februari 2013

Burung Ini Bertelur di Usia 62 Tahun

loperartikel.blogspot.com - Burung Ini Bertelur di Usia 62 Tahun
Wisdom: satu-satunya burung albatros yang bereproduksi di usia lanjut.
Artikel ini reblog dari Tempo
Burung albatros tertua di dunia kembali bereproduksi di usianya yang ke-62 tahun. Burung bernama Wisdom ini pernah menjadi berita pada tahun 2011, ketika ia selamat setelah bencana tsunami melanda Jepang.

"Untuk tahu bahwa dia masih bisa berhasil membesarkan anak pada usia 60 tahun lebih, sungguh di luar dugaan," kata Kepala Program penelitian Burung USGS, Bruce Peterjohn. Usia rata-rata elang laut diperkirakan sekitar 50 tahun.


Dalam catatan USGS, Wisdom adalah satu-satunya burung yang bereproduksi di usia yang sangat lanjut. Sejak 2006, dia sudah bereproduksi sebanyak lima kali.


Burung liar itu diberi nama seteleh ditandai oleh seorang peneliti US Geological Survey pada tahun 1956. USGS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sejak ditandai, Wisdom telah terbang sejauh 2.000.000-3.000.000 mil jika dijumlahkan, atau empat sampai enam perjalanan dari Bumi ke Bulan dan kembali lagi.

Dibanding burung albatros lain, usia Wisdom dua kali rata-rata usia burung laut ini.

Menurut Chandler Robbins, ilmuwan USGS yang turut mengikuti proses pemasangan identitas pada Wisdom menyatakan sempat kehilangan burung itu. Namun pada tahun 2001 Wisdom muncul lagi, membantu USGS mengoreksi usia rata-rata burung itu dan usia reproduksinya.

"Saya mencoba untuk meluruskan catatan," kata Robbins. "Ada banyak yang harus diperbaharui."

Unik sekali burungnya, sudah berumur, ternyata masih bisa melakukan reproduksi. :)